Minggu, 05 Juni 2011

Cara bikin blog sendiri | cara mudah membuat blog

Assalamualaikum,  hallo apa kabar?  Kalau kamu nemuin blog ini lewat google, pasti kamu ingin tahu cara bikin blog sendiri kan? Oke kalau begitu, di postingan kali ini akan kita bahas cara mudah membuat blog.  Oya, maaf bagi yang sudah mahir, karena tutorial ini khusus buat adek-adek kita yang masih newbie dan pengen tau bagaimana cara bikin blog sendiri nih om J . Tapi sebelum mulai, kalau kamu pengen tahu apa pengertian dan kegunaan blog, silahkan lihat di postingan saya sebelumnya ya.

Ada banyak penyedian layanan blog gratisan di internet,  antara lain blogger.com  dan wordpress.org ,  nah kali ini kita akan belajar bagaimana sih cara bikin blog sendiri menggunakan blogger ? kenapa pakai blogger ? karena buat yang masih newbie alias pemula , membuat blog dengan blogger akan lebih mudah.

Oke , untuk bisa membuat blog di blogger , kamu harus sudah punya akun google alias sebuah alamat email di gmail. Kalau belum , silahkan lihat postingan saya sebelumnya tentang cara membuat email di google . 

Nah , sekarang saya anggap kamu sudah punya akun google.Untuk mulai bikin blog di blogger, pertama kamu harus punya komputer dan nyambung ke internet J haha .. ya iya lah, masak ya iya donk.  Oke , pertama  buka browser kamu ( Internet explorer, Mozilla, Opera dll) lalu ketikkan di address bar www.blogger.com dan kamu akan dibawa ke sebuah halaman seperti di bawah ini.


Untuk pilihan bahasa agar lebih mudah, pilih saja Bahasa Indonesia,  Kemudian klik Ciptakan Blog Anda ( tanda panah warna kuning). Selanjutnya akan muncul  halaman form pendaftaran akun google seperti dibawah ini. 




Silahkan isi dengan lengkap,perhatikan bahwa alamat email yang kamu masukkan haruslah alamat email yang sudah kamu buat sebelumnya dan sebaiknya untuk membaca keterangan pada masing-masing form isian (letaknya di sebelah kanan form). Oke , jika sudah lengkap silahkan klik “Lanjutkan” dan akan muncul sebuah halaman sebagai berikut.


Isikan nama blog sesuai keinginan kamu, mungkin nama kamu atau topik blog , misal “tutorial blogging” dll. Judul blog ini nanti akan muncul sebagai header blog. Selanjutnya isikan alamat URL blog, alamat URL adalah alamat yang digunakan untuk mengakses blog kamu nantinya. 

Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan nama URL blog yang kamu masukkan, siapa tahu udah ada yang pake. Tips kalau nama URL yang kamu pilih udah dipake orang, tinggal tambah angka aja, misal tanggal lahir atau tahun lahir. Misal “gueganteng1996.blogspot.com”.  Jika menggunakan blogger, maka alamat URL blog kamu akan menggunakan *.blogspot.com  . Oke, kalau sudah klik “Lanjutkan” dan akan muncul halaman seperti berikut.


Ini adalah halaman untuk memilih template atau layout blog yang akan dipakai. Silahkan pilih yang kamu suka, atau jika tidak ada yang kamu suka, pilih asal saja karena nantinya juga bisa diganti dengan template lain sesuai keinginan kamu.

Oke, jika sudah memilih template ... berarti blog kamu sudah jadi. Tinggal mulai blogging.  Nah , itu tadi cara bikin blog sendiri menggunakan blogger.com.  Benar-benar mudah bukan cara membuat blog? Selamat mencoba dan happy blogging.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.



Artikel Terkait



2 komentar:

  1. test komentar ah ... biar aja blom ada yang koment sih ;)

    BalasHapus
  2. thanx infonya..

    Bikin jejak.ah..
    http://situskertas.blogspot.com

    d.tunggu kunjungannya gan ! :D

    BalasHapus