Jumat, 03 Juni 2011

pengertian blog | arti blog

Apakah pengetian blog? bagi Anda pengguna internet, pasti sering  mendengar atau menggunakan instilah blog,  tapi apakah sebenarnya pengertian dari blog?

Blog adalah singkatan dari weblog,  istilah weblog ini pertama kali digunakan oleh Jorn Berger di tahun 1997 untuk menyebut kumpulan website pribadi yang diupdate secara berkala dan berisi tulisan, link maupun komentar dari si pemilik website.

Secara bebas, pengertian blog bisa diartikan sebagai  kumpulan halaman web pribadi  yang bisa berisi teks, gambar, data maupun media lain yang ditampilkan berdasarkan urutan waktu  yang biasanya mengulas tentang topik tertentu seperti internet,  hoby, tutorial dll dan bersifat dinamis karena pengunjung bisa memberikan respon dalam bentuk komentar.

Blog  juga bisa diartikan sebagai  jurnal online yang berisi tulisan maupun opini tentang topik tertentu yang up-to-date di masyarakat.  Pemilik blog disebut blogger, dan kegiatan update blog disebut blogging. Dengan media blog, seorang blogger dapat menyampaikan pendapat dan kritik secara bebas tanpa ada proses editing dari siapapun bahkan perusahaan penyelenggara blog itu sendiri.

Banyak penyedia layanan blog gratis di internet,  antara lain blogspot dan wordpress. Kedua penyelenggara blog gratisan ini adalah yang paling banyak digunakan oleh para blogger untuk membuat blog mereka. 

Nah, itu tadi adalah sekilas tentang pengertian blog, mengenai bagaimana cara membuat blog? ikuti postingan saya selanjutnya di blog ini.



Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar