Jumat, 17 Juni 2011

Gadget untuk blog | gadget untuk blogspot | cara menambah gadget pada blog

Gadget adalah ornamen yang ditambahkan pada halaman blog yang berfungsi mempercantik tampilan blog. Gadget untuk blog misalnya statistik jumlah pengunjung, kalender, jam, life traffict dan masih banyak yang lainnya.

Gadget untuk blogspot

Untuk postingan kali ini, kita akan fokus pada gadget untuk blogspot saja. Jadi saya hanya akan membahas gadget bawaan blogspot.  Gadget untuk blogspot yang sering dipakai para blogger antara lain :

Statistik blog
Gadget ini berfungsi menampilkan jumlah pengunjung blog dari saat pertama kali blog kamu online hingga saat ini. Jumlah pengunjung dihitung per hit dan bukan per uniq visitor. Jadi jika ada orang yang sama membuka blog kita dan berpindah dari satu halaman ke halaman lain, tiap dia membuka satu halaman maka dihitung satu.

Popular Entri
Gadget Popular Entri atau entri populer berfungsi untuk menampilkan postingan yang paling banyak dibaca oleh pengunjung blog. Gadget ini sangat bermanfaat bagi pengunjung untuk mengetahui postingan kita yang paling ramai dilihat.

Kotak penelusuran
Gadget kotak penelusuran berfungsi untuk mencari artikel atau postingan baik di blog kita maupun dari search enggine google tergantung settingan yang kita buat.

Ikuti lewat email
Dengan gadget ini, para pengunjung blog bisa berlangganan update blog kita via email. Jadi setiap kita mengupdate postingan baru di blog, pengunjung yang pernah mendaftar dengan gadget ini akan menerima ringkasan postingan kita.

Cara menambah gadget pada blog

Untuk menambahkan gadget pada blog kita caranya sangat mudah. Untuk pengguna blogspot (layanan blog gratis dari blogger.com) ,

halaman sign in blogger

Elemen halaman blogger
  • silahkan masuk ke dasbor anda dengan cara sign in di http://www.blogger.com dan masukkan username (alamat gmail anda) dan pass email anda;
  • Pilih blog yang akan anda tambah gadget dan klik Rancangan;
  • Pada elemen halaman yang muncul, silahkan klik Tambah gadget dan pilih gadget yang ingin anda tambahkan ke halaman blog;
  • Lakukan pengaturan/ setting pada gadget yang anda pilih dan klik simpan;
  • Selamat, anda telah berhasil menambahkan gadget baru ke halaman blog anda. Letak gadget bisa anda ubah-ubah sesuai dengan layout blog anda.

Ok selamat mencoba. Semoga blog kamu menjadi semakin keren .

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar